• SMAN 7 BENGKULU UTARA

  • Jl Raya Desa Pasar Baru Kota Bani, Putri Hijau, Bengkulu Utara

TITI KARYATI, S.Pd Kembara Smanju (Episode: Kandidat Doktor-DOSEN UNIB, dari Kabupaten Tetangga itu Alumni Smanju-ETIS SUNANDI)

Kembara Smanju
(Episode: Kandidat Doktor-DOSEN UNIB, dari Kabupaten Tetangga itu Alumni Smanju-ETIS SUNANDI)
 
Assalamualaikum....
Semoga kesehatan dan keberkahan selalu menyertai kita.
Sobat cerdas, sudah pada daftarkan? Mantap...
Yang dari Marga Sakti Sebelat, Karang Pulau, Ulok Kupai, Napal Putih, Lais, Air Rami, Mukomuko, bahkan Medan pokoknyo yang merantau dan harus kos, tak usah bingung dan takut ya. Pengalaman Ibu dokter (ngebet bercita-cita jadi dokter eh palah jadi dosen he..he) semoga bisa menginspirasi kalian. Yuk kita simak.
Etis Sunandi. Kini sebagai dosen Statistika FMIPA Universitas Bengkulu dari Desember 2012 hingga sekarang. Beliau adalah alumni SMANJU BKL UTARA tahun 2005. Pernah menjadi dosen tamu di Fakultas Teknik Universitas Indonesia(UI). Sekarang sedang mengambil studi S-3 di Institut Pertanian Bogor (IPB).
“Pertengahan tahun 2019, saya beruntung Alhamdulillah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi S3 ke Bogor lagi.. akhirnya saya bisa kembali ke kota hujan ini. Sampai saat ini saya masih berjuang.
Mohon doakan saya semoga segera meraih gelar Doktor… aamiin”
Aamiin. Semoga sukses ya Bu Dosen.
Untuk sampai ditahap ini, tentu saja tidak pakai bim salabim dan abrakadababra ya sobat cerdas.
Perempuan tanguh, yang merupakan kakak kandung dari alumni kita juga ,Fande Prima Putri sekaligus istri dari Mulad Subagio, alumni Smanju Bkl Utara angk. 2006, ini tentu pernah mengalami masa-masa “getir” dalam meraih mimpinya. Ia sempat galau dan bingung tatkala harus hidup di perantauan. Jauh dari orangtua saat di jenjang SMA dan saat kuliah. Apa yang ia pikir berat dan sulit saat awalnya, ternyata setelah dijalani terasa mudah dan menyenangkan. (Tuh...kan, makanya jangan berpikir yang lucu-lucu dulu apalagi yang parno-parno eh jangan pesimis dulu maksudnya)
Sulung dari tiga bersaudara ini menghabiskan masa kecilnya di Desa Rami Mulya Kec. Air Rami Kab. Mukomuko. Prestasi akademiknya luar biasa. Kategori “TERBAIK/BINTANG KELAS” selalu ia raih dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Menurutnya, hal ini bisa ia raih karena kedua orangtuanya (walaupun sibuk, ibu dan bapaknya sebagai ASN) namun mereka tetap berusaha mendampingi buah hati saat sedang belajar. Saat jauh dari ortu...kita akan merasa dekat, karena seolah olah ada ortu yang tersenyum membersamai kita. Memantau sepak terjang kita. Dan disiplin waktu yang diterapkan oleh orang tua membekas dalam jiwa dan raga.
“Sekarang kalau ingat, saya salut dengan orang tua saya. Beliau rela tidak melakukan aktifitasnya demi mengajari atau sekedar menemai saya belajar”.
Nah tu..perlu kita contoh ya guys...untuk para orang tua (khususnya saya he..he) yah minimal nengokin..sssttt tapi jangan sambil main HP lho ya. Ntar anaknya iri hihi).
Sejak sekolah, Mbak Etis ini sudah terbiasa berorganisasi dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan positif lainnya. Di SMP ia pernah menjabat sebagai KETUA OSIS (ternyata satu alumni dengan saya hhh. Untuk Bapak/Ibu Guru di SMPN 5 Mukomuko, salam takzim dari kami berdua. Terima kasih untuk semuanya).
Di SMA, semakin ia kembangkan potensi akademik dan nonakademiknya. Organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) yang sejak SMP ia ikuti, ia lanjutkan kembali di SMA. Pramuka, Volly, Basket, OSN Kimia, pokoknya tidak KW...KW, totalitas deh, sehingga berbagai kejuaraan bisa ia raih. Ia pun kembali aktif di organisasi bergengsi sebagai Wakil Ketua OSIS.
“Saya berkesempatan mengikuti perlombaan2 dalam kegiatan SAKA Bhayangkara tingkat Bengkulu Utara. SMAN Putrihijau menjadi juara umumnya. Itu sangat berkesan bagi kami”
Mbak Etis saat SMA gimana sih, Bu Titi?
Oh..waktu SMA? Beliau itu sering tidak percaya diri sih he..he (padahal saya belum gabung jadi guru SMA saat itu) Yuk ah kita dengar penuturan Mbak Etis yang ramah, pintar, penuh semangat dan enerjik ini.
“Saya masuk dikelas unggul. Waktu itu satu kelas hanya 20 atau 25 siswa (saya lupa pastinya). Yang katanya siswa pilihan2 dari beberapa SMP. jujur waktu itu saya gk siap dikelas itu. Walaupun saya terlihat anak periang tapi sebenrnya saya gk PeDean juga. Awal saya berpikir wah bakal berat di kelas ini nih. Saya menyemangati diri sendiri: perlu dicoba. InsyaAllah kalo kita melakukan yg maksimal, Allah akan kasih hasil yg terbaik. Motto ini yg saya pegang. Alhamdulillah saya masih menjadi bintang kelas”
Teman-teman hebat, ayo lebih semangat lagi. Sedikit cerita dari Mbak Etis ini harus kita contoh ya❤️❤️❤️
Qodarullah, di akhir masa SMA ia lulus di Unib ambil matematika, via jalur PPA (kalau sekarang SNMPTN). Setelah lulus S1 (wisudawan termuda lho), Ia lanjut S2 Statistika di IPB dengan Beasiswa Bakrie Graduated Fellowship (BGF). Mengapa memilih statistika? Menurutnya, karena statistika salah satu bagian dari matematika yang down to earth. Kegunaannya terlihat di depan mata. Beliau tamat S2 dengan tepat waktu. Ayo siapa lagi yang mau ikutin jejaknya bu dosen?
Wah...bakalan panjang ini ceritanya kalau tidak diakhiri. Padahal masih banyak yang perlu kita kupas tuntas.
Oke teman-teman hebat, pokoknya nggak bakalan nyesel deh kalian memilih SMANJU. Yang dari luar zonasi semoga betah dan nyaman. Kami siap memberikan layanan prima. Semoga Allah memberikan kita kekuatan, kesehatan, dan kesempatan untuk menuntut ilmu hingga akhir hayat.
Untuk Mbak Etis Sunandi maturnuwon untuk teladan baiknya, sukses S3nya. Kalau pulang kampung, singgah sejenak ke sekolah ya????????????????
OKE...siap2 nih mo jadi warga negara yang baik (PILKADES...jangan lupa nyoblos).
PH, 6-7-2022

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MENGENAL LEBIH DEKAT PLG SEBELAT

Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orangdengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, ataumempelajari keun

13/06/2024 11:56 - Oleh Administrator - Dilihat 13 kali
SNBP 2024

Alhamdulillah 19 siswa smanju lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Jalur Prestasi. Berikut daftar siswanya :

30/04/2024 09:25 - Oleh Administrator - Dilihat 31 kali
KEPULANGAN (Carol Falia Dungus, 2023)

Hari ini sekolah ku sangat padat aku pulang tepat jam 7 malam .Aku melepas lelahku sepulang sekolah dengan berbaring di tempat tidur sembari bermain ponsel tanpa mengganti seragam sekol

06/09/2023 08:45 - Oleh Administrator - Dilihat 680 kali
Pawai Ta'aruf 1 Muharam (Tahun Baru Islam 1445 H) Tahun 2023

GEN Z SMAN 7 Bengkulu Utara Siap Hijrah Lebih Baik Alhamdulillah acara Pawai Ta'aruf 1 Muharam (Tahun Baru Islam 1445 H) berjalan lancar. Walau persiapan hanya 2 hari. Proses unt

27/07/2023 12:06 - Oleh Administrator - Dilihat 486 kali
Semangat Terakhir  (Oleh : Samaria Priskila K. J)

Semangat Terakhir  Oleh : Samaria Priskila K. J Sepasang sepatu terlihat basah karena, hujan yang baru saja turun. Sudah satu jam Lori duduk di taman belakang sekolah, ia teringa

13/06/2023 11:31 - Oleh Administrator - Dilihat 564 kali
Segumpal Kapuk Kebahagiaan

CERPEN Segumpal Kapuk Kebahagiaan Oleh Mutiara Putri Pembayun   Namaku Irah. Aku adalah gadis berusia 14 tahun. Gen ibu mengalir dalam tubuhku. Jika dibandingkan dengan anak se

31/05/2023 10:04 - Oleh Administrator - Dilihat 543 kali
TITI KARYATI, S.Pd

Teman-teman, yuk kita berkenalan lebih lanjut dengan salah satu tim pengajar di SMA kita. Ciri khas beliau adalah murah senyum dan humoris. Beliau tak lain dan tak bukan adalah Ibu TITI

22/05/2023 09:53 - Oleh Administrator - Dilihat 453 kali
Jurus-Jurus Menulis Puisi (Oleh Titi Karyati, S.Pd)

Mari berpuisi, ini dia jurus-jurusnya : Jurus Spionase   Lakukan pengamatan secara jeli apa yang ada dan terjadi di sekitarmu.hasil pengamatan ini dapat menjadi sumber inspi

11/04/2023 11:05 - Oleh Administrator - Dilihat 235 kali
Cerita dari alumni terbaik Tahun 2017-2018 Usswatun Chasanah

Halo semuanya, Izinkan aku berbagi sedikit cerita hari ini, ya.. Cz it's the moment. Mungkin ini akan terdengar sedikit berlebihan, tapi inilah yang kurasakan.. Mungkin banyak juga

11/02/2023 11:57 - Oleh Administrator - Dilihat 449 kali
Niskala yang Hilang Oleh : Nur Fadila  

  Waktu berlalu tanpa bayangmu Arunika yang kini kian membelenggu Rindu yang jadi tak terbalas padu Menuang binar sendu   Ke manakah janji itu? Meski terbang ke atas je

01/11/2022 12:53 - Oleh Administrator - Dilihat 594 kali